Disclaimer

1. Seluruh berita dalam Mediajabar.com merupakan hasil karya jurnalistik.

Wartawan yang melakukan peliputan untuk mendapatkan karya jurnalistik yang akan diterbitkan di Mediajabar.com seluruhnya harus memenuhi kode etik jurnalistik sesuai aturan yang berlaku. Tidak ada opini pribadi wartawan dalam sebuah berita

Mediajabar.com akan menerbitkan seluruh berita sesuai dengan apa yang disampaikan narasumber, lalu ditulis oleh wartawan yang melakukan peliputan. Setelah terbit di Mediajabar.com narasumber tidak berhak melakukan apapun terhadap wartawan terkait kesalahan berita. Narasumber hanya diperbolehkan menjelaskan hal itu langsung kepada redaksi, karena setelah berita terbit semuanya merupakan tanggung jawab redaksi.

2. Tidak memihak

Mediajabar.com mencoba menjadi media netral dan tidak memiliki kepentingan apapun untuk suatu golongan. Jika ada sebuah berita memihak, pembaca dipersilakan melaporkannya kepada redaksi. Untuk selanjutnya redaksi akan melakukan pengkajian apakah benar berita tersebut ada unsur keberpihakan. Jika memang memenuhi unsur ada keberpihakan maka redaksi akan melakukan tindakan sesuai dengan aturan perusahaan.

3. Mediajabar.com harus berimbang

Wartawan yang melakukan peliputan akan melakukan konfirmasi terkait beberapa hal kepada narasumber yang memiliki permasalahan atau terlibat suatu perkara. Komfirmasi adalah hal utama sebelum berita itu diterbitkan. Jika narasumber sulit dikomfirmasi wartawan harus berupaya mendapatkan komfirmasi sesuai aturan yang berlaku. Agar jika kemudian setelah terbit tidak menjadi masalah.

4. Peringatan kepada pembaca

Dalam melakukan peliputan wartawan sudah dibekali ilmu jurnalistik, jadi apa yang disampaikan narasumber, lalu ditulis wartawan dan diterbitkan di Mediajabar.com semuanya sudah sesuai.

5. Untuk berita dari luar

Mediajabar.com tentunya akan menampilkan sumber berita, jika Mediajabar.com mengambil berita dari situs lain diluar dari Group Perusahaan PT. Indowarta Ekspres Media. Untuk itu, jika menimbulkan masalah terkait pemberitaan itu merupakan bukan tanggung jawab redaksi.

6. Opini

Banyak opini yang masuk ke redaksi, semuanya akan disortir terkait kelayakan. Setelah memenuhi unsur untuk diterbitkan di Mediajabar.com redaksi akan menerbitkannya. Namun jika setelah terbit menimbulkan masalah dan gugatan secara hukum redaksi tidak bertanggung jawab. Opini bukan karya jurnalistik wartawan Mediajabar.com jadi pihak redaksi tidak memilki tanggung jawab apapun.

Redaksi

To Top